Category Archives: Uncategorized

PENGUMUMAN BEASISWA BLU FAKULTAS ADAB 2015/2016

Pengumuman Penerimaan Calon Mahasiswa BLU 2015

PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PENERIMA BEASISWA BLU

FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

TAHUN AKADEMIK 2015/2016

KETENTUAN UMUM

  1. Beasiswa Institusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau sering disebut Beasiswa Badan Layanan Umum (BLU) adalah bantuan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu.
  2. Beasiswa ini berupa biaya SPP yang diberikan selama 8 (delapan) semester dari semester I sampai dengan semester VIII dengan syarat mampu mempertahankan prestasi dengan IPK tiap semester tidak kurang dari 3,00.
  3. Apabila ternyata yang bersangkutan tidak mampu mempertahankan prestasinya maka akan digantikan oleh mahasiswa lain yang seangkatan untuk melanjutkan.
  4. Beasiswa ini berasal dari DIPA UIN Syarif Hidayatullah dan DIPA APBN.

PENYELENGGARAAN KELAS KHUSUS BSA

             Berdasarkan waktu, program studi Bahasa dan Sastra Arab termasuk program studi tertua di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Prodi BSA didirikan bertepatan dengan berdirinya IAIN (sebelum menjadi UIN) pada tanggal 24 Agustus 1960. Dengan kata lain, prodi BSA sudah menjalankan tugas dan fungsinya selama 54 tahun secara istiqamah.

          Prodi BSA selama ini telah membuktikan kemampuannya dalam mengembangkan Bahasa dan Sastra Arab di Indonesia, serta mampu mengikuti berbagai perubahan baik dari dalam maupun dari luar. Hal ini tentu saja karena Prodi BSA memiliki sumber daya pengajar yang mumpuni dan berkualitas. Guru besar, doktor, dosen alumni perguruan tinggi terkemuka di Timur Tengah, dosen Tamu (native speaker) menjadi asset yang sangat berharga bagi Prodi BSA.

           Rentang waktu yang lama telah membuktikan bahwa prodi BSA mampu bertahan dalam menghadapi berbagai tantangan zaman. Prodi BSA telah melahirkan lebih dari seribu lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja atau bahkan menciptakan lapangan kerja. Menjadi diplomat atau staf diplomatik, peneliti, akademisi, cendekiawan, guide, wirausaha kursus Bahasa Arab, filolog, dan lain sebagainya, adalah gambaran profil lulusan Prodi BSA saat ini.

              Berubahnya IAIN menjadi UIN sedikit banyak mempengaruhi peminatan calon mahasiswa terhadap prodi-prodi agama, termasuk BSA. Prodi BSA boleh jadi bukan termasuk prodi pilihan utama calon mahasiswa, namun demikian hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena BSA pada dasarnya memiliki pasar tersendiri, yaitu pesantren dan sekolah-sekolah agama yang banyak bertebaran di seluruh Indonesia, sehingga peminatnya dari tahun ke tahun tetap konsisten dan cenderung meningkat.

              Perlu diakui bahwa kesuksesan alumni di dunia kerja belum seutuhnya bisa diklaim sebagai keberhasilan Prodi by design. Namun upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Prodi BSA menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dari kesuksesan tersebut.

            Di sisi lain, input mahasiswa yang berkualitas dari pesantren-pesantren dan sekolah-sekolah berbasis agama juga menjadi aset tersendiri bagi prodi BSA. Aset ini tentu saja harus mendapat perhatian dari Prodi, sehingga bisa berkembang dan maju lebih optimal, dan menjadi lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan lainnya di tingkat nasional dan internasional.

        Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan yang lainnya, perlu diberi wadah khusus yang bisa mengembangkan potensi mereka secara optimal. Melalui wadah tersebut, Prodi diharapkan mampu mencetak produk (lulusan) yang bisa dibanggakan dan mampu bersaing di dunia global dan di pasar kerja.

       Atas alasan kondisi objektif seperti itu, Prodi BSA perlu menyelenggarakan kelas khusus untuk mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi. Ke depan, kelas khusus ini diharapkan menjadi kelas bertaraf internasional.