Category Archives: DOKUMEN

ALUMNI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB MENJADI GURU BESAR TASAWUF UIN JAKARTA

pengukuhan Prof. Asep Usman (1)

 

 

 

 

 

 

 

 

Rabu, 15 April 2015 adalah hari yang sangat bersejarah bagi Asep Usman Ismail alumni jurusan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora IAIN (saat ini UIN) Jakarta 1987. Auditorium Harun Nasution menjadi saksi pengukuhannya sebagai Guru Besar bidang Tasawuf UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dengan tema Tasawuf Modal Spiritual Dalam Membangun Manusia dan Peradaban Islam Indonesia, Prof. Dr. Asep Usman Ismail, M.A menyampaikan konsep-konsep tasawufnya yang diperolehnya dari penelitian.

Menurut Asep, tasawuf pada hakikatnya merupakan bagian dari tiga (3) pilar Islam, yaitu iman, islam, dan Ihsan. Ketiga pilar tersebut kemudian berkembang menjadi akidah, syari’ah dan akhlak, atau dengan istilah lain tauhid, fiqih, dan tasawuf. Ketiga pilar tersebut merupakan trilogi ajaran islam, bisa dibedakan tapi tidak bisa dipisahkan. 

DAFTAR SKRIPSI BSA 1966-2015

DAFTAR SKRIPSI ALUMNI BSA

Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak berdiri pada tahun 1960 hingga tahun 2015 sudah memiliki alumni lebih dari 1530 orang. Skripsi berbahasa Arab merupakan salah satu ciri khas prodi BSA. Berbagai macam kajian terkait bahasa dan sastra terus berkembang dari masa ke masa seiring dengan perubahan kurikulum.

Secara umum, skripsi prodi BSA dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. kajian al-Qur’an dan pengaruhnya terhadap kajian bahasa dan sastra Arab

2. Kajian sastra Arab secara umum

3. Kajian penerjemahan dan leksikografi (mu’jam)

4. Kajian novel dan cerpen Arab

5. Kajian semantik

6. sastra sufi

7. Kajian balaghah terhadap al-Qur’an dan hadis, dan lainnya

8. Filologi

9. Linguistik umum

10. Drama (Masrahiyah)

11. Nahwu dan Sharf

12. Kajian Prosa

13. Kajian Fonetik

14. Kajian Syair arab

15. Kaligrafi

16. dll