Category Archives: Kegiatan

Hari Bahasa Arab Sedunia

Parade Seni di Hari Bahasa Arab Sedunia

bsauin

Seorang mahasiswa tampil dalam pentas drama Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Teater Prof. Busthomi Abdul Ghani, Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kamis (18/12)

Kampus UIN, FAH- “Ana Malik, Ana Malik…!!” jerit seorang aktor sambil berlari menggotong koper berisikan uang dalam sebuah pentas drama yang dihelat jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH). Pentas ini digelar dalam rangka merayakan peringatan hari bahasa arab sedunia, bertemakan “Kedudukan bahasa arab di dunia internasional”.

Acara ini juga dihadiri oleh Duta Besar Oman Nizar ibn al-Julanda, penyair Yaman Syekh Muhammad Ahmad Nasher al-Bashiri, dan segenap dosen Prodi BSA di antaranya Ali Hasan Al-Bahr, MA, Dr. Ade Asnawi, Drs. Adang Asdari, MA, Siti Amsariah, M.Ag, dan lain-lain. Acara dibuka oleh Wakil Rektor bidang akademik Prof. Dr. M. Matsna, MA

            “Semua acara pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, tapi acara ini sungguh luar biasa karena diisi oleh para dosen dan tamu undangan, bukan hanya satu, dua atau tiga yang menampilkan kreasi, tapi cukup banyak. Demikian komentar Cahya Buana, ketua jurusan BSA.

            Senada dengan Cahya, Ahmad Zubair selaku Wakil Dekan bidang kemahasiswaan juga menyampaikan hal yang sama terhadap kemeriahan parade seni, “antusiasme dosen maupun mahasiswa BSA yang memiliki rasa terhadap bahasa arab sungguh tinggi, mereka mengekspresikan seluruh kemampuannya dalam acara ini”. Kata Zubair dengan bangga.

            Zubair juga menjelaskan, selain menampilkan pentas seni dan parade seminar, acara ini juga dihelat dengan tujuan memperkaya keterampilan bahasa arab mahasiswa FAH, mengingat adanya peraturan yang mewajibkan mahasiswa lulus tes TOAFL dengan klasifikasi nilai tertentu.

Tak hanya dosen serta civitas dekanat FAH, kebanggaan serupa dirasakan juga oleh mahasiswa, Imam Qolyubi, ketua HMJ BSA terpilih turut menyampaikan kegembiraannya, bahwa keterampilan yang dilakukan oleh dosen mampu menginspirasi dirinya untuk lebih mengoptimalkan kreativitas mahasiswa jurusan BSA, guna menunjang kualitas, kuantitas serta mutu BSA, baik itu pidato, puisi, drama, maupun kegiatan seni berbahasa arab lainnya. (Tb)

Mahasiswa BSA Dilantik Sebagai Pengurus DPP ITHLA

Peringati Hari Bahasa Arab se-Dunia, 11 Mahasiswa Bahasa Arab UIN Jakarta Resmi Dilantik Sebagai Pengurus DPP ITHLA

Pelantikan ITHLA Yogyakarta

Sukses gelar Kemah Bahasa dan Muktamar Internasional, 11 mahasiswa bahasa Arab UIN Jakarta resmi dilantik sebagai pengurus DPP ITHLA. Mereka adalah Ahmad Fakhri Azizi, Lc sebagai ketua umum, Wachid Ervanto sebagai ketua I, Ulil Absor sebagai ketua II, M. Fahmi Saefuddin sebagai sekretaris umum, M. Syahirul Alim sebagai sekretaris I, Putri Ema Lizza sebagai bendahara umum, Mohamad Ali Husen sebagai koordinator Dep. Pengembangan Aparatur Organisasi dan Sandi Sanri sebagai anggota, Meky Polanda sebagai koordinator Dep. Pengembangan SDM,  Tubagus Wildanul Hakim sebagai koordinator Dep. Pengembangan Kerjasama dan Jaringan, Rifqy Gustio Utama sebagai koordinator Dep. Komuikasi dan Informasi. Acara pelantikan di selenggarakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 18 Desember 2014, bertepatan dengan hari bahasa Arab se-dunia.

Acara yang berlangsung di gedung FITK UIN Jogja ini dihadiri oleh Ketua Umum IMLA, Prof. Dr. H. Ahmad Dardiri yang didampingi oleh Sekjur PBA, Drs. Dudung Hamdun, M. Si dan Deklarator ITHLA Ja’far Shodiq, M. Si. Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dengan adanya ITHLA sebagai pendorong semangat tumbuhkembangnya bahasa Arab di Indonesia serta menjalin hubungan antarjurusan bahasa Arab seluruh Indonesia. Ujar ketua IMLA dan sekjur PBA UIN Sunan Kalijaga dalam sambutannya.

          Ahmad Fakhri Azizi, Lc, ketua umum terpilih DPP ITHLA menambahkan, dalam kepengurusannya, dia akan bekerja semaksimal mungkin dengan beberapa program yang telah dirumuskan selama setahun ke depan. Di antaranya adalah merapihkan administrasi dan legalisasi organisasi, penerbitan jurnal bahasa Arab, silaturrahmi nasional, serta mengagendakan kemah bahasa di setiap wilayah masing-masing sebagai eksistensi ITHLA.

Dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus DPP ITHLA yang dilantik langsung oleh Prof. Dr. Ahmad Dardiri selaku ketua umum IMLA. Selingan hiburan bernuansa Arab, seperti puisi Arab, seni tari saman oleh Sanggar Lembah Adab dan Budaya (SALEMBA) dan acara menarik lainnya hingga penutup, ujar Ulil Absor, mahasiswa BSA UIN Jakarta.

Kemah Bahasa dan Muktamar Internasional III

ALIF BSA Sukses Gelar Kemah Bahasa dan Muktamar Internasional III Mahasiswa Bahasa Arab

ithla uin jakarta

Kegiatan ini di selenggarakan pada (5-7 Desember 2014) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Khalifah Resort Cigombong-Bogor oleh HMJ Pendidikan Bahasa Arab (PBA) bersama Arabic Language and Literature Fokus (ALIF) BSA. Kegiatan ini dihadiri oleh 43 delegasi kampus dari seluruh Indonesia yang juga dihadiri oleh Universiti Kebangsaan Malaysia. Dengan total peserta mencapai 320 mahasiswa bahasa Arab.

Melalui organisasi ITHLA (Ittihadu Thalabah al Lughah al Arabiyah bi Indonesia) yang baru berumur 2 tahun, kami selaku deklarator sekaligus pengurus dituntut untuk selalu berfikir dan bertindak demi memajukan potensi mahasiswa bahasa Arab, baik di ranah nasional maupun internasional. Menyadari akan pentingnya bahasa Arab serta keinginan besar untuk menghasilkan karya sebagai eksistensi ITHLA di mata dunia, sehingga penguasaan bahasa Arab menjadi sebuah keniscayaan. Terlebih, sebagai bentuk pergerakan mahasiswa bahasa Arab di tengah globalisasi dengan pembekalan skill kebahasaan baik secara teoretik maupun praktik.

Adapun kegiatannya adalah kajian rutin mingguan masing-masing kampus terkait bahasa, sastra dan budaya Arab. Agenda besar ITHLA sendiri adalah Kemah Bahasa dan Muktamar yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa bahasa Arab se-Indonesia. Dan kami telah mengadakan untuk yang ketiga kalinya. Pertama, di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, kedua di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan yang ketiga di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dari sekian kampus yang kami undang, serta Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) dan Universitas Hassan al Bolkiah Brunei Darussalam, namun hanya UKM yang bisa hadir di acara muktamar kali ini.

Dengan Hasil Muktamar III adalah, pertama, terpilihnya UIN Jakarta sebagai pengurus DPP ITHLA Periode 2014-2015. Kedua, terintegrasinya ITHLA dalam organisasi IMLA (Ittihadu Mudarris al Lughah al Arabiyah). Ketiga, terjalinnya kerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia untuk mendirikan dan mengembangkan ITHLA tingkat ASEAN. Keempat, menetapkan nama-nama pengurus DPP ITHLA sebagai berikut :

Ketua Umum: Ahmad Fakhri Azizi, Lc. (PBA UIN Jakarta)
Ketua I: Wachid Ervanto (PBA UIN Jakarta)
Ketua II: Ulil Absor (BSA UIN Jakarta)
Sekretaris Umum: M. Fahmi Saefuddin (BSA UIN Jakarta)
Sekretaris I: M. Syahirul Alim (PBA UIN Jakarta)
Sekretaris II: Andi Muharrom (BSA IAIN Serang)
Bendahara: Putri Ema Lizza (PBA UIN Jakarta)
Wakil Bendahara: Hakim (BSA IAIN Serang)

Departemen Pengembangan Aparatur Organisasi
Koordinator: Muhammad Ali Husein (BSA UIN Jakarta)
Anggota:
1. Ahmad Syauqi Liqo (BSA UIN Yogyakarta)
2. M. Shabri (PBA IAIN Jambi)
3. Umar Faruq (BSA UIN Malang)
4. Sandi Sanri (BSA UIN Jakarta)
5. M. Habibi Dimyati (BSA IAIN Serang)

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia
Koordinator: Meky Polanda (BSA UIN Jakarta)
Anggota:
1. Faza Bina al-Alim (BSA UIN Yogyakarta)
2. M. Dwi Toriyono (PBA UIN Yogyakarta)
3. Mahsus (PBA STAIS Bangkalan)
4. Dzul Firman (PBA STAIN Lhokseumawe)
5. Ai Nurapipah (PBA IAIC Tasikmalaya)

Departemen Pengembangan Kerjasama dan Jaringan
Koordinator: Tubagus Wildanul Hakim (BSA UIN Jakarta)
Anggota:
1. Syahrizal (BSA IAIN Jambi)
2. Ahmad Mukhlis Ridlo (BSA UIN Malang)
3. Zanuar Ibrahim (PBA STAIRA Lamongan)
4. Syarifatul Husna (BSA UIN Yogyakarta)
5. Puput Lestari (BSA UIN Yogyakarta)

Departemen Komunikasi dan Informasi
Koordinator: Rifqi Gustio Utama
Anggota:
1. Zulfatun Fitria (BSA UIN Yogyakarta)
2. Moh. Lutfi (PBA INSTIKA Sumenep)
3. Farikha Luthfiana (BSA UIN Malang)
4. Bayhaqi (PBA STAIN Lhokseumawe)
5. Nur Fajriyati (BSA UIN Yogyakarta)