PROFIL PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN JAKARTA

PROFIL PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN JAKARTA
March 4, 2015 Comments Off on PROFIL PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN JAKARTA Buku Minatur Rokhim

PROFIL bsa

Alhamdulillah, sebagai salah satu Prodi tertua di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, BSA telah mampu membuktikan jati dirinya selama lebih dari 50 tahun, mahasiswanya berkembang pesat. Meskipun mengalami pasang surut, jumlah mahasiswa tiap tahunnya tetap stabil. Hal ini membuktikan bahwa animo masyarakat terhadap prodi BSA masih cukup menggembirakan.

Di sisi lain prodi BSA juga memiliki kurikulum dengan kompetensi lulusan yang jelas. Keterampilan berbahasa Arab secara lisan maupun tulisan, kemampuan menerjemahkan bahasa Arab ke bahasa Indonesia atau sebaliknya, kemampuan mengkaji naskah-naskah berbahasa Arab, dan kemampuan meneliti serta mengkritisi karya-karya sastra Arab, adalah kompetensi unggulan prodi BSA.

Kompetensi tersebut tentu saja tidak dapat tercapai tanpa adanya unsur pendukung, seperti SDM (Dosen), sarana prasarana, anggaran, dan aspek pendukung lainnya. Rasio dosen dan mahasiswa BSA 1:20 menunjukkan bahwa secara kuantitas prodi BSA telah memiliki jumlah dosen yang sesuai. Dari 23 orang dosen yang dimiliki BSA, berpendidikan minimal S2, 5 orang berpendidikan S3, 3 orang guru besar, serta 4 orang sedang studi S3, menunjukkan bahwa secara kualitas BSAtelah memenuhi standar mutu. Sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki prodi BSA pun semakin modern, dengan sistem informasi yang semakin canggih.

Dicanangkannya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai research University dan World Class University pada tahun 2015 bagi prodi BSA bukanlah suatu hal yang mustahil, para dosen dengan melibatkan mahasiswa dipacu melakukan banyak penelitian, meski pencapaiannya tentu saja memerlukan perjuangan yang optimal.

Buku profil ini diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat bagi segenap sivitas akademika dan juga masyarakat luas, sehingga dapat memberikan gambaran utuh tentang BSA serta dapat meluruskan persepsi yang mungkin selama ini kurang benar

About The Author