MAHASISWI BAHASA DAN SASTRA ARAB DALAM SIMULASI SIDANG PBB 2018

2. Elsa Amanda_2_FOTO

Bandung – Mahasiswi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Elsa Amanda menjadi delegasi yang mewakili Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta di Bandung Model United Nations (BMUN) 2018 untuk simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang di gelar di Gino Feruci Braga, Bandung 1 – 4 Maret 2018.

BMUN adalah salah satu Model United Nations yang terkenal di indonesia, dengan jumlah peserta 59 dari berbagai Universitas yang bergengsi di Indonesia Seperti Universitas Indonesia, Universitas Gaja Mada, Universitas Brawijaya, dan juga berbagai universitas yang memiliki standar internasional seperti President University dan Universitas Pelita Harapan.

MUN adalah pendidikan simulasi atau kegiatan akademik dimana peserta dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional, dan PBB. Model United Nations mengajarkan tentang public speaking, debat, keterampilan menulis, dan lain-lain. Selain itu, peserta harus mampu berpikir kritis, menjalin kerja sama antara tim, dan lain-lain.

Keseruan berlanjut pada saat BMUN 2018 berlangsung, dimana Elsa disimulasikan mewakili negara Russia di United Nations Human Right Council (UNHRC). Dan Elsa juga dituntut untuk memperjuangkan kepentingan negara yang diwakili, bernegosisasi, dan merumuskan draft resolusi dengan negara-negara lainnya.

Elsa juga mengungkapkan bahwa ini hal yang menantang karena backround pendidikan adalah Prodi Bahasa dan Sastra Arab yang dituntut harus bisa berbicara secara formal dengan menggunakan Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah ini adalah pengalaman berharga saya yang tidak pernah saya lupakan karena saya mendapatkan banyak ilmu, belajar kepemimpinan, public speaking, dan yang pasti banyak mendapatkan relasi dari luar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ujar Elsa. (e.a./m.r.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>