PERINGATAN HARI BAHASA ARAB SEDUNIA 2018 DI PRODI BAHASA DAN SASTRA ARAB UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Dubes-Dubes Negara Arab bersama Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA (tengah, mengenakan batik warna hitam) dalam  Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia 2018 yang diselenggarakan oleh Prodi Bahasa dan Sastra Arab di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jakarta (20/12/2018), Hari Bahasa Arab Sedunia diperingati setiap tanggal 18 Desember tiap tahunnya di dunia. Berkaitan dengan peringatan Hari Bahasa Arab ini, pada tanggal 20 Desember 2018, Prodi Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan perhelatan besar ini bersama dubes-dubes Negara Timur Tengah di Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mengusung tema Al-Arabiyyah Main La Yandlub (Bahasa Arab adalah mata air yang ga pernah kering). Acara ini dihadiri oleh 13 negara timur tengah; 10 duta besar; Qatar, Oman, Mesir, Iraq, Lebanon, Yordan, Tunis, Sudan, Aljazair, Yaman, dan 3 consuler; Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Saudi Arabia. Acara ini dibuka oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Dede Rosyada, MA. terbuka untuk umum; dosen, mahasiswa, siswa-siswi sekolah madrasah maupun sekolah umum, santriwan-santiwati, dan masyarakat umum.

          Acara tanggal 20 Desember 2018 adalah rangkaian puncak acara yang diselenggarakan oleh Prodi Bahasa dan Sastra Arab, karena beberapa hari sebelumnya, diadakan lomba-lomba bernuansa kearaban; khithabah arabiyyah (pidato bahasa Arab), munadzarah Arabiyah (debat bahasa Arab), khat arabiy (kaligrafi Arab), ghina’ arabiy (nyanyi Arab), musabaqah tilawah al-quran (MTQ), dan hadlrah (rebana). Dalam acara puncak ini ditampilkan seminar internasional, hiburan oleh mahasiswa dan peserta orchestra dari sudan, stand-stand makanan, minuman, negara-negara timur tengah (gratis untuk peserta), dan lain-lain.

            Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Prodi BSA adalah program yang menjadi icon Prodi Bahasa dan Sastra Arab Jakarta, demikian tutur Kaprodi BSA sekarang, M. Husni Tamrin, MA dalam rapat koordinasi dengan panitia penyelenggara acara ini. Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia selalu diperingati oleh Prodi BSA setiap tahunnya. Peringatan hari bahasa Arab di Prodi BSA ini pertama kali dipelopori oleh dosen Prodi BSA, Ali Hasan Albahar, MA, Alumnus Universitas Yordan, dan juga Pengurus Rabithah Alawiyah. Pada tahun 2013, Habib (sapaan akrabnya Ali Hasan Albahar) bersama kaprodi pada saat itu, Dr. Cahya Buana, MA. mengadakan Peringatan Hari Bahasa Arab Sedunia di Prodi BSA. Hadir dalam acara itu, tamu kehormatan, Duta Besar Kerajaan Oman untuk Indonesia, Sayid Nizar bin al-Julandi bin Majid. Menurut penuturan Minatur Rokhim, MA, Sekjur Prodi Bahasa dan Sastra Arab dua periode ini, bahwa Dubes Timur Tengah yang rajin menghadiri perhelatan besar Prodi BSA ini adalah Dubes Kerajaan Oman, Sayid Nizar. (mr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>