“Forum Kebudayaan dan Kuliah Umum“ dengan tema “Kebudayaan dan Warisan Uni Emirat Arab (UEA)

“Forum Kebudayaan dan Kuliah Umum“ dengan tema “Kebudayaan dan Warisan Uni Emirat Arab (UEA)
December 4, 2020 Comments Off on “Forum Kebudayaan dan Kuliah Umum“ dengan tema “Kebudayaan dan Warisan Uni Emirat Arab (UEA) Uncategorized Minatur Rokhim

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipelopori langsung jurusan Bahasa dan Sastra Arab bekerja sama dengan Kedutaan Besar Uni Emirat Arab (UEA) dan berkolaborasi dengan Markaz Jum’ah al-Majid lits-tsaqofah wat-turots yang berada dibawah naungan langsung UEA menyelenggarakan “Forum Kebudayaan dan Kuliah Umum“ dengan tema “Kebudayaan dan Warisan Uni Emirat Arab (UEA)” pada Rabu, 25 November 2020 pukul 13.00 WIB. Acara ini dilaksanakan via Zoom Cloud Meeting dan Livestreaming di akun YouTube FAH UIN Jakarta [https://www.youtube.com/watch?v=vE16EjvbMpc]. Dengan mengundang dua Narasumber yakni Abdullah Salim Ubaid Adz-Dzohiri, Duta Besar UEA dan Syaikhoh Abdillah ibn Jasim Al-Mutiri, Ketua Divisi Budaya Nasional. Yang dimoderatori oleh Dr. Cahya Buana, MA, Dosen Bahasa dan Sastra Arab UIN Jakarta (mantan Kaprodi BSA 2015). Serta dipandu oleh MC acara, Abdul Hamid Al-Anshori, mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab semester 5.

Acara konferensi ini sangat diapresiasi oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A dan Dekan FAH UIN Jakarta Dr. Saiful Umam, Ph.D. Dalam kalimat sambutan Dekan FAH UIN Jakarta, beliau banyak memuji peradaban-peradaban yang ada di UEA. Dalam sambutannya beliau juga berharap dengan acara ini mampu menguatkan tali silaturahmi dan kerja sama UEA dengan UIN Jakarta khususnya Fakultas Adab dan Humaniora.

Forum ini merupakan bukan kegiatan yang pertama kali. Sebelumnya FAH UIN Jakarta telah bekerja sama dengan Yordania yang membahas tentang Sastra arab secara umum, kemudian dengan Mesir yang membahas Sastra Mesir. Pada Tahun ini FAH UIN Jakarta bekerja sama dengan Markaz Jum’ah al-Majid lits-tsaqofah wat-turots yang berada dibawah naungan langsung UEA. Forum konferensi ini sangat disupport oleh kepala prodi BSA UIN Jakarta Dr. Siti Amsariyah, M.Ag juga sangat disupport oleh Dosen Habib Ali Hasan Al Bahar Lc., M.A. yang memiliki hubungan istimewa dengan kedutaan-kedutaan Timur Tengah yang ada di Jakarta. Forum ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa-mahasiswi BSA khususnya dan FAH umumnya terkait budaya-budaya dan warisan yang ada di UEA dan mampu memahami literasi Arab dan kajian Timur Tengah. Serta memiliki tujuan untuk menambah relasi dengan negara-negara Timur Tengah sehingga akan membuka kesempatan pertukaran pelajar atau pertukaran dosen.

Forum Budaya dan Kuliah Umum ini memiliki tema “Kebudayaan dan Warisan Uni Emirat Arab (UEA)” karena mengingat perkembangan peradaban UEA yang sangat pesat, sesuai apa yang dikatakan narasumber Syaikhoh Abdillah. Perkembangan yang pesat ini dibuktikan dengan adanya menara tertinggi al-burj Kholifah juga adanya sastrawan yang populer akan karya-karya sastranya yaitu Al-Majid, yang kemudian dijadikan nama Markaz Jum’ah al-Majid. Sehingga dengan adanya perkembangan seperti ini mengubah peradaban UEA menjadi peradaban yang lebih efektif.

Forum Budaya dan Kuliah Umum ini perlu dan penting dilaksanakan. Karena sudah menjadi suatu kebutuhan bagi mahasiswa-mahasiswi BSA khususnya dan FAH umumnya untuk mengetahui dan berwawasan peradaban negara-negara timur tengah. Dalam menyikapi hal tersebut FAH UIN Jakarta khususnya Prodi Bahasa dan Sastra Arab akan selalu berusaha untuk mencari relasi dan koneksi untuk bekerja sama dengan negara-negara Timur Tengah serta terus berkelanjutan membina hubungan baik dengan negara-negara tersebut.

Nur Senoaji

Mahasiswa BSA semester 3

About The Author