Perayaan Hari Bahasa Arab se-Dunia ‘ Mempererat Hubungan Bilateral : Arab-Indonesia ‘ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Perayaan Hari Bahasa Arab se-Dunia ‘ Mempererat Hubungan Bilateral : Arab-Indonesia ‘ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
December 21, 2020 Comments Off on Perayaan Hari Bahasa Arab se-Dunia ‘ Mempererat Hubungan Bilateral : Arab-Indonesia ‘ UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Uncategorized Minatur Rokhim

Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipelopori langsung jurusan Bahasa dan Sastra Arab bekerja sama dengan kedutaan-kedutaan besar Timur Tengah yang ada di Jakarta dan berkolaborasi dengan Wahid Foundation dan Kompas Gramedia menyelenggarakan “ Perayaan Hari Bahasa Arab Internasional “ pada Jum’at, 18 Desember 2020 pukul 08.30-15.30 WIB. Acara ini dilaksanakan via Zoom Cloud Meeting dan Livestreaming di akun YouTube FAH UIN Jakarta. Dengan mengundang Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin (Wakil Presiden Republik Indonesia), Sayyid Nizar bin Julnadi (Duta Besar Kesultanan Oman), Dr. A. M. Fachri (mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia) dan Abdul Ghoni Asy-Syamiri (Duta Besar Yaman untuk Indonesia) serta Ibu Yenni Wahid (Direktur Wahid Foundation) sebagai narasumber yang dimoderatori oleh Bp. Abdul Jalil, S.S., M.Ag Dosen BSA UIN Jakarta. Serta dipandu oleh MC acara, Abdul Hamid Al-Anshori, mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab.
Acara perayaan Hari Bahasa Arab Internasional ini dilaksanakan bertepatan tanggal 18 Desember karena pada tanggal 18 Desember 1973, Bahasa Arab resmi terdaftar dan menjadi bahasa internasional oleh UNESCO. Dengan demikian Bahasa Arab adalah Bahasa ke – 6 dalam urutan bahasa internasional UNESCO dari 22 bahasa negara lainnya. Perayaan ini sangat diapresiasi oleh Rektor UIN Jakarta, Dekan FAH UIN Jakarta, serta seluruh kedutaan besar Timur Tengah yang ada di Indonesia. Acara perayaan Hari Bahasa Arab Internasional dilaksanakan dengan dua sesi (sesi pagi dan sesi siang). Yang mampu mengundang seluruh Kedutaan Besar Negara Timur Tengah yang ada di Jakarta.
Menurut Bp. Saiful Umam, Ph.D (Dekan FAH UIN Jakarta) dalam sambutannya menyampaikan bagi BSA Fakultas Adab dan Humanniora UIN Jakarta perayaan ini bukan merupakan perayaan yang pertamakali. yang mana perayaan sebelumnya mampu mendapatkan hadiah dorprise umroh dan haji dari kedutaan besar Arab Saudi. Dan perayaan kali ini terlaksana via online (zoom) karena masih dalam pandemi dan melaksanakan protokol kesehatan.
Dalam sambutan ini, Dekan FAH UIN Jakarta menyampaikan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa agama Islam dan bahasa pengetahuan serta peradaban, yang mana bahasa arab mampu mentransfer peradaban sosial kemanusiaan. Sehingga dengan adanya perayaan ini, merupakan realisasi keseriusan dan kesungguhan untuk merealisasi peran penting bahasa Arab. Di akhir sambutannya, disampaikan tema yang diusung dalam perayaan ini sangat penting karena dunia Arab dan Indonesia sejak lama memiliki hubungan istimewa dalam berbagai aspek seperti keagamaan, perdagangan, pendidikan. Harapannya dengan perayaan ini, mampu membangun perkembangan dan perbaikan kerjasama Indonesia-Arab, khususnya UIN Jakarta dengan Akademi Arab Saudi Jakarta.
Disusul sambutan dari Rektor UIN Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, M.A. dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Besar Bahasa Arab Internasional juga mengucapkan selamat datang kepada semua yang hadir dalam perayaan ini. Selanjutnya, Rektor UIN Jakarta menyampaikan UIN Jakarta akan selalu melaksanakan perayaan Hari Besar Bahasa Arab Internasional. Mengingat perkembangan zaman yang semakin pesat sudah banyak karya yang dilupakan bahkan sudah mulai hilang. Walaupun perayaan ini dilaksanakan secara online karena masih didalam masa pandemi, harapannya mampu mengambil ilmu dan wawasan serta dapat melestarikan agungnya bahasa Arab. Diakhir sambutannya, Rektor UIN Jakarta menyampaikan bahwa Bahasa Arab memiliki peran yang strategis untuk peradaban dunia,
khususnya Indonesia. Yang mana dengan Bahasa Arab mampu membuka peluang kerjasama Indonesia-Arab dalam segala aspek, seperti pendidikan, kebudayaan seperti syi’ir-syi’ir yang mampu melahirkan banyak disiplin ilmu, kemudian Insya’ yang melahirkan banyak karya yang mampu membawa peradaban yang lebih maju, dan sebagainya.
Pada sesi ini, Sayyid Nizar bin Julnadi Ali Said (Duta Besar Kesultanan Oman) juga menyampaikan rasa terimakasih kepada UIN Jakarta yang telah konsisten melaksanakan perayaan Hari Bahasa Arab Internasional dari tahun ke tahun. Dalam sambutannya, Duta Besar Kesultanan Oman menyampaikan begitu besarnya urgensi bahasa Arab di dunia karena telah memberikan pengaruh tersebarnya agama Islam, kesastraan, keilmuan serta berbagai kebudayaan.
Sesi pagi ditutup dengan amanat Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin yang menyampaikan menyampaikan pandangannya terkait bahasa Arab. Yang mana bahasa Arab adalah bahasa yang indah yang mengakar di peradaban dan kebudayaan umat manusia. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak penuturnya, yakni diangka 400 juta penutur didunia. Bahasa Arab memiliki peran penting bagi Indonesia, khususnya umat muslim. Karena bahasa Arab adalah bahasa kitab suci umat Islam yang menjadi bahasa ibadah dan ritual tertentu. Namun demikian bahasa Arab bukan merupakan bahasa yang ekslusif untuk umat muslim saja. Bahasa Arab juga digunakan dalam ritual esensial gereja di Arab juga pada karya-karya kaum Yahudi pada abad pertengahan. Wakil Presiden RI juga menyampaikan bahwa bahasa Arab telah mampu memberikan peluang membuka hubungan internasional dalam hal perdagangan, inovasi, serta pengetahuan.
Diakhir sambutannya, Wakil Presiden RI menyampaikan bahwa Indonesia-Arab telah memiliki hubungan yang istimewa. Seperti ikatan keagamaan, ekonomi, dan lain sebagainya yang telah dicatat oleh sejarah. Oleh karena itu, perayaan ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempererat dengan membangun kerjasama diberbagai sektor. Sambutan ini ditutup dengan harapan, yakni dengan adanya perayaan ini harapannya UIN jakarta dapat menjadi agent terdepan dalam ranah kerjasama dan kemitraan dengan negara Arab serta dapat berkontribusi besar dalam tali silaturahmi yang membawa manfaat untuk semua pihak.
Perayaan Hari Bahasa Arab Internasional dilanjutkan pukul 13.00 WIB (sesi siang) yang diisi pemaparan materi dari narasumber yang telah diundang. Narasumber pertama adalah Abdul Ghoni Asy-Syamiri yang memaparkan tentang luasnya Bahasa Arab baik dari aspek karakteristik, urgensi, serta partisipasi orang nonArab dalam partisipasinya sebagai penutur bahasa Arab.
Pemaparan disesi ini dilanjutkan Dr. A. M. Fachri (mantan Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia) yang membagi wawasan dan pengetahuannya yang luas terkait bilateral Arab-Indonesia dan mengakhiri pemaparannya dengan pesan :
mengandalkan komunikasi tidaklah menjamin suatu hubungan. Namun harus direalisasikan dengan keseriusan dan tanggung jawab.
Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Ahmad Bachmid, Lc. Guru besar FAH UIN Jakarta juga memberikan pemaparan. Dalam pemaparannya banyak disampaikan wawasan ke-bahasa arab-an yang ada di Indonesia, mulai dari definisi bahasa, fungsi, serta tahap penyebaran bahasa Arab di Indonesia. Beilau diakhir pemaparannya menyampaikan bahwa bahasa Arab bisa tersebar luas di Indonesia karena ada dua faktor, yakni karena masuknya agama Islam ke Indonesia dan faktor yang lain adalah alumni timur tengah yang mampu memberikan pengajaran bahasa Arab pada bangsa Indonesia.
Pemaparan materi ditutup oleh Ibu Yenni Wahid (Direktur Wahid Foundation) yang menyampaikan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa pemersatu Umat Nabi SAW yang berbagai latar belakang. Sehingga penting untuk memahami serta menguasainya dalam memahami al-Qur’an dan Hadis agar tidak salah tafsir dan tafsir yang keliru. Di akhir pemaparan, Ibu Yenni berharap UIN mampu menjadi pelopor untuk berkontribusi pada masyarakat, sehingga menciptakan masyarakat yang damai dan peradaban yang lebih maju.
Acara perayaan ini diakhiri dengan sesi pertanyaan. Yang mana ada salah satu mahasiswa yang menanyakan tips bagaimana mengawali belajar bahasa Arab yang efisien. Pertanyaan ini dijawab oleh kedutaan besar Yaman, bahwa tips yang efisien adalah dengan banyak menghafal kosakata serta mulai sering melatih kemampuan membaca teks-teks yang berbahasa Arab. Kemudian acara ini ditutup dengan doa, yang dipimpin oleh Drs. A. Asdari, M.Ag. (dosen BSA UIN Jakarta).
Nur Senoaji
Mahasiswa BSA UIN Jakarta

About The Author